Kamis, 03 Januari 2013

Tiap Anak Miliki Kecerdasan Jamak


Image Kalila (Foto: SP)
Image "Kalila" (Foto: SP)
SENIN, 31 Desember 2012 | 07:45 wib - YOGYAKARTA, suaramerdeka.com - Si kecil yang selalu aktif dan bergerak untuk ingin tahu objek tertentu kadang belum kita tanggapi sebagai bakat dan minat anak. Sebagai orang tua, dapatkah kita sejak awal mengembangkan mereka sesuai minatnya?
 
Pertanyaan itulah yang dilontarkan oleh Dr Indria Laksmi Gamayanti MSi psikolog pusat tumbuh kembang anak RSUP Dr Sardjito, pada para peserta seminar ''Pola Asuh untuk Mengembangkan Bakat dan Minat Anak''.

Adalah Dharma Wanita FIP UNY yang mengadakan seminar yang dihadiri oleh 200 peserta, terdiri dari dosen, guru, orang tua, dan praktisi pendidikan anak. Seminar yang dibuka oleh Dekan FIP UNY Dr Haryanto MPd diselenggarakan dalam rangka menyambut Hari Ibu, dengan pembicara utama Dr Indria Laksmi Gamayanti MSi.

Seminar itu diawali dengan pernyataan menarik dari pembicara bahwa parenting skill adalah cycling, selalu berputar. Proses pendidikan anak seringkali terjadi di alam bawah sadar kita sehingga dendam pengasuhan dari orang tua sebaiknya diselesaikan agar tidak terbawa saat kita memberikan pendidikan pada anak.
Dalam kesempatan ini, pembicara juga menyampaikan bahwa setiap anak memiliki kecerdasan jamak, yang kadang tidak disadari oleh orang tua sehingga orang tua hanya mengasah pada satu kecerdasan saja.

Dalam seminar itu diharapkan orang tua dapat memperlakukan dan mendidik anak-anaknya sebagaimana layaknya anak anak. ''Anak adalah anak-anak, bukan orang dewasa yang terperangkap dalam tubuh anak-anak,'' tambahnya. ( Bambang Unjianto / CN19 / JBSM )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar