Senin, 29 Oktober 2012

SELEKTIFLAH MEMILIH PERMAINAN UNTUK ANAK Oleh Sita S.Priyadi



Salah satu permainan yang masih banyak disukai anak, PS
SELASA, 30 OKT. 2012 -SITA BLOG: Sebaiknya orang tua dalam memilih permainan untuk putra-putrinya lebih selektif. Orang tua terkadang lengah dan tidak menyadari kalau permainan yang telah dipilh untuk anak-anaknya itu hanya sekedar mengikuti keinginan anak yang merengek-rengek minta dibelikan. Padahal, jenis permainan itu membahayakan keselamatan anak kalau tidak dengan pengawasan yang ketat. 

Banyak sudah musibah kecelakaan yang menimpa diri anak yang diakibatkan oleh jenis mainan-mainan yang sesungguhnya belum cocok untuk seusia anak-anak mereka. akan tetapi karena tak mau pusing dengan rengekan dan tangisan sang anak orang tua segera membelikannya. hal ini sebagai mana yang terjadi di daerah Sukabumi. Anda tentu masih ingat dengan kasus senjata mainan yang melukai seorang anak.  Itulah pentingnya untuk lebih selektif dalam memilih mainan untuk putra dan putri anda. Apalagi jika putra-putri anda mash balita, dan mungkin anda pun masih belum mengenali betul fungsi dan kegunaan dari mainan itu secara benar. Sekali lagi saya sarankan, anda harus berhati-hati dan selektif dalam memilih jenis  mainan untuk anak-anak anda. Pilihlah mainan yang cocok untuk seusia anak-anak anda.

Sebetulnya banyak jenis permainan yang cocok dengan usia anak dan memiliki nilai edukasi tinggi. Banyak perajin mainan-mainan edukatif yang bisa digunakan untuk mengasah syaraf motorik anak. Tinggal anda yang menentukannya. Menurut seorang fasilitator pendidikan, Aida. Belum lama berselang, banyak permaian yang bisa dipilih untuk mengenalkan anak pada lingkungan, seperti permainan dasar berhitung, menggambar dengan warna, dan sebagainya. (Sita SP)

1 komentar:

  1. Saya sarankan, anda harus berhati-hati dan selektif dalam memilih jenis mainan untuk anak-anak anda. Sebaiknya pilihlah mainan yang cocok untuk seusia anak-anak anda.

    BalasHapus